Senin, 16 Januari 2012

tugboat

Beberapa hari ini dermaga -atau lebih tepatnya view tepi sungai kota- di kota kami di 'kunjungi' oleh sebuah kapal tunda (tugboat)
Kapal ini mempunyai bentuk yang menarik.

Kapal tunda sendiri adalah kapal yang biasa digunakan untuk menarik kapal tongkang. Sedangkan kapal tongkang yang juga disebut kapal Ponton adalah kapal yang mempunyai lambung datar berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk mengangkut barang atau menyeberangkan mobil jika sungai tersebut belum memiliki jembatan. 
Begitu yang saya dapat dari wikipedia :D

Selama beberapa hari saya lihat kapal ini tetap berada di tempat dimana dia berada saat pertamakali di sini. Tak bergerak. 
Sepertinya sedang 'bermasalah' karena terlihat selalu didampingi oleh kapal patroli bea cukai atau kapal dari polisi air yang setia sekali disampingnya.

Kapal ini menjadi pemandangan tersendiri bagi masyarakat yang sedang menghabiskan waktu santai (biasanya sore hari) di Tepi sungai ini, yang juga merupakan objek wisata favorit di sini. 
Biasanya pemandangan yang rutin dilihat adalah badan sungai yang memang cukup besar dengan kapal-kapal kecil berlalu-lalang di atasnya. Kapal-kapal kecil tersebut merupakan alat transportasi untuk menyeberangi sungai yang disini disebut ketek.

Ketika saya membuat sketsa ini siang hari, saya amati beberapa dari pengendara motor yang sedang melintas banyak yang berhenti untuk melihat pemandangan 'tak biasa'(kapal) ini. Saya akui kapal ini memang cukup menarik. Dengan bodi nya yang lumayan besar ia sukses menjadi point of interest bagi siapa saja yang sedang melihat ke arah sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar