Rabu, 18 Mei 2011

spidol.

di klenteng satya budhi bandung

 

Komunitas Indonesia's Sketchers grup bandung kembali mengadakan acara sketsa bersama yang rutin di gelar tiap sabtu siang. Kali ini objek sketsanya adalah sebuah kelenteng yang terletak di kawasan antara jl.Sudirman dan jl.Cibadak. tepatnya berada di jl.Kelenteng bandung.

Banyak teman-teman yang orang bandungnya sendiri baru pertama kali datang ke tempat ini dan baru ngeh bahwa ada bangunan cantik lagi kaya akan nilai seni, yg selama ini mereka hanya mendengarnya saja. Saya juga sempat terheran-heran, sambil terkagum-kagum.

Dan betul sekali. tempat ini merupakan salah satu objek favorit saya selama berkeliling nyeket bareng bersama teman -teman di bandung.

Ketika masuk ke dalam, ternyata tempatnya tidak seluas dari pada yang terlihat di luar. Di pinggir kanan dan kiri terdapat ruangan tanpa atap yang mirip (simetris). Katanya sih kalo mau yang lebih luas adalah sebuah Vihara di bilangan lembang yang juga bisa kita jadikan objek sket berikutnya, kata seorang teman sketcher sambil memberi tahu (mmm yummy).
Klenteng ini sendiri diapit dua buah Vihara di sebelah kanan kirinya. Untuk keluasan ruangan di dalamnya, vihara-vihara ini terlihat lebih luas dari Klenteng. Namun dari nilai historisnya, tampak jelas Klenteng yang ada di sket ini merupakan yang paling tua.

Sayangnya saya belum sempat menumpahkan warna warna cerah ke atas kertas, yang mana warna bangunannya ini merupakan daya tarik paling indah dari tempat ibadah masyarakat keturunan tionghoa ini.

memang ada suatu nuansa yang tak terjelaskan ketika melihat bangunan ini dari tempat saya berdiri nyeket. sesuatu yang misterius, warna-warna yang harmoni, dalam. seperti menyedot.

susah jika di jelaskan kata -kata. nanti saya terdengar seperti orang bingung dan saya mesti pegangan.

Andaikan anda datang langsung melihat, pasti setuju.
Jadi kalo ke bandung mau nyeket, bujuklah teman anda untuk mengantar kesini.
ya
------------------------------------------------------------------------------------------------------


                   *karya terpisah, tdk dibuat dilokasi ini namun dibuat di tipe kertas yg sama
                                                  kertas licin bekas kalender 40 x 20 cm                

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar