Senin, 24 Januari 2011

berkunjung ke museum Geologi




Berkunjung ke museum ternyata menyenangkan. Ini adalah museum geologi yang secara 'tidak sengaja' saya datangi di hari minggu kemarin. Awalnya saya dan beberapa orang teman dari Indonesia's Sketchers berniat melakukan aktifitas sketsa bareng di event yang kami sebut sunday sketching. Dan hari minggu ini gilirannya adalah Gedung Sate. Tapi ketika saya yang kebetulan datang duluan pagi itu mendapati bahwa gedung sate sedang ada acara, sehingga tidak di buka untuk umum (biasanya terbuka untuk umum), akhirnya terpaksa membatalkan niat untuk sketsa bareng di sana.
Selagi teman-teman yang lain belum datang, saya coba keliling-keliling di seputaran kawasan itu untuk mencari tempat penggantinya. Dan terdamparlah saya di museum geologi yang berada tidak jauh dari gedung sate. Tepatnya di jalan Diponegoro. Segera saya kontak teman-teman untuk perubahan tempat acara pagi itu.

Suasana museum ini bersih, nyaman, dan rapih. Gedung museum ini menempati lahan yang besar, sehingga memiliki halaman yang luas dan terdapat taman-taman di depannya. Suasananya teduh.


Begitu masuk di pintu museum, pengunjung menuliskan data singkatnya di buku tamu. Berdiri di tengah lobby yang besar, kita memilih bagian mana dulu yang mau di jelajahi. Sebelah kanan adalah bagian : Sejarah kehidupan, bagian kiri : Geologi Indonesia.

Yang menarik adalah bagian Sejarah Kehidupan menurut saya, karena banyak objek yang bisa di-sket ; tengkorak-tengkorak binatang purba yang bentuknya keren bin unik. Sket-sket yang saya dapatkan hari itu, yaitu yang gambarnya di tempatkan di bagian paling bawah di postingan ini.

Keesokan harinya saya kembali lagi ke sini karena penasaran. Sebabnya kemarin saking keasyikan nyeket sampai-sampai tidak banyak yang saya lihat dengan serius. Ternyata di hari biasa pun pengunjung museum ini tidak sepi. Terbukti ada 5 rombongan yang berbeda, lalu-lalang di depan saya saat bikin sket. Ada yang datang bersama keluarga, beberapa orang mahasiswa, dan anak -anak sma. Saya berhasil mendapatkan beberapa foto pengunjung yang sedang melihat-lihat isi museum, lalu tergoda untuk membuat gambarnya seperti yang kemudian saya posting di atas.


Keesokan harinya saya datang lagi (haha). Kemarin saya tidak sempat nge-sket kerangka dinosaurus (T-Rex) yang merupakan 'simbol' museum ini secara tidak resmi. Hari ini ternyata lebih ramai dari kemarin. Ada rombongan anak-anak SD datang menggunakan 2 bis sehingga pihak museum menugaskan beberapa orang guide untuk mendampingi mereka dan berbagi cerita dengan mereka, yang mana di hari-hari sebelumnya tidak saya melihatnya.


Berkat anak-anak sd ini pula di Auditorium siang itu di putar film mengenai sejarah terbentuknya bumi dengan sedikit pesan tentang global warming. Saya ikut nonton, sambil nge-sket dalam pencahayaan yang minim alias remang-remang.


Bagi anda yang berada di bandung dan belum pernah main ke museum geologi, datanglah. Suasananya nyaman. Koleksinya lengkap. Saya rekomendasikan.



2 komentar:

  1. hehe saya juga dulu pernah nyeket di museum geologi waktu ke situ bareng keluarga. sket t-rex ari lebih bagus drpd punya saya :D

    BalasHapus
  2. hehe.. makasih mba Ella,
    soalnya emang di 'sengaja' sih nyeketnya /direncanakan..
    sebenernya saya pengen mndapatkan kondisi nyeket yg lebih 'spontan' .. :)

    BalasHapus